<meta name='google-adsense-platform-account' content='ca-host-pub-1556223355139109'/> <meta name='google-adsense-platform-domain' content='blogspot.com'/> <!-- --><style type="text/css">@import url(//www.blogger.com/static/v1/v-css/navbar/3334278262-classic.css); div.b-mobile {display:none;} </style> </head> <body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d20744856\x26blogName\x3dRetard-Minded\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://retarders.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttps://retarders.blogspot.com/\x26vt\x3d-1927618368790145', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Saturday, May 27, 2006

Sayang anak... ala abad 21

*******************************************************


Salah satu problem di tempat kerja gw adalah parkiran, berhubung tempat yang bisa dipake buat parkir cuma sedikit, alias terbatas. Tapi kebanyakan orang begitu malesnya jalan beberapa meter untuk parkir di jalanan, akhirnya tempat buat disabled placard pun dipake sama orang normal alias sehat wal-alfiat.

Hemat retarders, kalau orang sehat mau pake tempat khusus berwarna biru dan bergambar kursi roda, (tanpa ijin/ placard) kaki atau leher yang bersangkutan mesti dipatahin dulu sebelum turun mobil.

retarders gak keberatan koQ volunteer untuk tugas beginian, matahin leher sama kaki orang-orang gak tau diri....

*******************************************************

Inget jaman kuda dahulu waktu sodara gw yang berdoku baru aja beli satu alat ajaib yang dinamai Nintendo Entertainment System ato NES.


Ah bahagianya ...bisa bermain bareng bareng (walau resolusi maksimum cuma 8 bit, dan control di pencetannya cuma ada tendang sama pukul (a atau b) terkadang ditambah tendang + pukul (a + b) yang buat game game tertentu, bisa keluarin "jurus rahasia"


Donkey Kong Nintendo Version.

Mulai lah bermunculan game game yang bikin anak anak ES-DE betah pulang (biasanya ngeloyor dolo sebelum pulang) dari jam 2 sore, sampe jam 2 malem itu Nintendo kagak mati mati, kecuali pas si mami masuk ke kamar, baru deh diomelin abis abisan.

Lalu ada saat-saat dimana itu kasetnya "macet" lalu ditiup-tiup sampe itu kaset bermuncratan ama yang namanya aer ludah... baru bisa deh, jeprak-jeprek!... itu Nintendo balik jalan lagih...

Lalu buat orang tua yang sayang anak .... ketika anak merengek-rengek minta dibeliin game baru... buru-buru deh ambil tabungan besoknya, pergi ke Glodok sama si anak (sebab waktu itu pusat elektronika cuma ada di Glodok, plus harganya bisa nego)

Kalau gak salah waktu itu harga system berkisar antara 250 - 300 ribuan, plus kaset udah dapet satu (biasanya yang 4 in 1), sama controller satu biji. Gak lama kemudian... minggu depannya si anak udah bosen ... jadi harus rengek2 lagi beli kaset baru yang harganya berkisar antara 35,000 perak sampe 60,000 an (tergantung maenannya, asik kagak)

Gak lama kemudian... Muncul Sega..... yang maenannya lucu-lucu, ada sonicnya (landak warna biru yang bisa berubah jadi bola, jedar-jedor sana sini)


Dunia game seakan-akan berubah dengan ditingkatkannya kualitas gambar menjadi dobel alias 16 bit.


Dahulu kala, gw sama nyokap suka main game ini dari pulang sekolah ampe jam makan malem, dilanjutin lagi sampe jam bobok....

Alhasil... duit yang harus dikeluarkan oleh sang ortu (akibat sayang anak) berkisar diantara 450 ribuan untuk system sega baru, ditambah satu controller, plus game yang bisa milih, biasanya Streets of Rage (Bareknuckle) ato Golden Axe.

-- Tapi gak berakhir disitu aja kan???? --

Gak lama lagi keluar Super Nintendo, saingannya Sega, kita semua sekarang udah gak mau main sama Nintendo yang super kere. Maunya maenan Dragon Ball (gebuk-gebukan) sama grafiknya mesti bagus, pokoknya udah gak jaman deh maen Mario Brothers versi Nintendo biasa, (bisa dikatain gak cool dan gengsi ama anak tetangga)


Super Nintendo (SNES) yang dibarengi ama game dengan grafik indah seperti Donkey Kong Country, atau yang seru macam DBZ III

Untuk sistem baru seperti ini ortu kerapkali harus bolak balik ke Glodok, menghabiskan kira-kira 600 ribuan untuk satu sistem.

Lalu si anak mikir ... udah dibeliin mainan mahal.... cukup donk ???

Enggak la yau ... sebab gak lama kemudian ... muncul yang namanya Sony Playstation ... ditambah dengan Sega Saturn... Terkadang gw mikir... gw gak tau diri juga .... orang tua susah payah beliin dan menuhin semua keinginan gw.

Terakhir gw nge-check ... liat liat mainan di toko elektronik... ternyata jaman udah berubah... dari jaman NES yang cuma 8 bit ... sekarang udah masuk 128 bit. Gambarnya aja udah real-life, bisa online pula, malahan ada yang pake hard drive sendiri (Xbox). Kebanyakan yang maen malahan udah bangkotan semua...



Gile ... sayang anak di abad 21 .... gak tanggung-tanggung bhoks .... wkakakak...
Membuat ortu harus jual kolor dahulu,
jadi entah mana yg terjadi duluan, anak senang atau ortu jatuh melarat....

0 Comments:

Post a Comment

<< Home