<meta name='google-adsense-platform-account' content='ca-host-pub-1556223355139109'/> <meta name='google-adsense-platform-domain' content='blogspot.com'/> <!-- --><style type="text/css">@import url(//www.blogger.com/static/v1/v-css/navbar/3334278262-classic.css); div.b-mobile {display:none;} </style> </head> <body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d20744856\x26blogName\x3dRetard-Minded\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://retarders.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttps://retarders.blogspot.com/\x26vt\x3d-1927618368790145', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Thursday, April 27, 2006

retarded introduction to UNIX.

************************************************
Mampir ke wc Starbucks kemaren..... bareng Lydia..
terus sempet liat poster gede.




Intip lebih deket : "The Vibrant Taste of TAZO from the World's Finest Tea Garden"

retarders trus mikir... finest tea garden kek gimana????

Dimana-mana kebun teh tuh kayak gini.... penuh dengan pekerja yang dibayar dengan upah minimal, tapi kerja banting tulank seharian....

~Finest Tea Garden dari Hongkong!~

Orang luar memang perlu lebih banyak di-edukasi soal kenyataan dan realita.....
************************************************

Pernah denger tentang UNIX? tau gak apa itu UNIX?... Well buat elo elo yang males baca pengetahuan ilmiah, gw bisa kasih gambaran besar soal UNIX.

UNIX adalah sistem operasi komputer (bisa disebut software), dalam hal ini bisa diibaratkan kayak Microsoft Windows yang nempel di kompie elo. Tapi prinsip dan daya kerja UNIX bisa dibilang jauh berbeda ama Windows.

Sejarah :
UNIX adalah system operasi yang diciptain sama beberapa orang di Bell Labs (sekarang AT&T) salah satu diantaranya adalah Dennis Ritchie. UNIX diciptakan di tahun 1969, lalu dikembangkan lagi di tahun 1973. Prinsip UNIX adalah program yang diciptakan sebagai pengatur sistem komputer yang cepat, portabel, multi-user, dan multi processing.

UNIX lalu dikembangkan lagi oleh Universitas Berkeley (yang menjadi system UNIX BSD) disebut juga sebagai Berkeley Software Distribution. Dari BSD kita mendapat beberapa varian UNIX yang disebut sebagai netBSD, FreeBSD, dan openBSD.

Di tahun 1991 Linus Torvald menciptakan satu sistim operasi UNIX yang dikembangkan dari MINIX dan menamakan ciptaannya LINUX. Linus Torvald lalu memberikan kode utama (source code) dari LINUX untuk publik, sehingga LINUX sampai kini lebih terkenal sebagai Open Source UNIX. (Open Source bukan berarti gratis, tapi pernyataan kalau isi dari kode pengembangan suatu software itu terbuka untuk dipakai dan dimodifikasi oleh publik)


Bokapnya Linux, Linus Torvalds...
Dari doi kita dapet varian UNIX yang disebut Linux, contohnya Red Hat, Mandrake, SuSe.

Kenapa menurut retarders UNIX itu penting? Sebab buat elo elo yang kagak tau dan kurang baca, Internet yang elu pake sekarang dijalanin pake server UNIX. 90 % internet yang dipake di dunia di jalanin ama UNIX, bahkan network telepon yang elu pake buat gombalan ama doi juga di support ama UNIX.


Tau gak lo, kalo Apple operating system juga termasuk UNIX?

Yang sama antara UNIX sama Windows:
  • sama sama Operating System, tapi Windows dipasarkan secara komersial, sedangkan UNIX kagak
  • sama sama digunain untuk ngatur yang namanya monitor, mouse, atau printer yang semuanya dipake sama komputer elo, sistim pengaturan ini disebut "kernel" (kernel ini berfungsi sebagai "pen-terjemah" perintah yang elo masukin lewat alat input (seperti keyboard, mouse, scanner) supaya dikenali dan dimengerti sebagai perintah mesin.
Beda Windows ama UNIX:
  • Windows dijalanin pake mouse klik, semua perintah di klik, install program juga tinggal klik. Semua ini dikarenakan Windows tergantung sama GUI (Graphical User Interface) bayangin aja, mana mau orang pake Windows kalau mesti ketik tiap program yang mo dijalanin?
  • UNIX dijalanin pake command prompt atau console, penterjemah langsung yang berinteraksi ama kernel, UNIX bisa pake GUI kayak Windows tapi gak mutlak diperlukan.
  • UNIX lebih aman daripada Windows. Karena file yang disimpen dalem UNIX bisa di set pengaturannya buat 3 golongan (pemilik, grup, sama dunia luar) sedangkan dalam Windows istilahnya Salome (Satu Lowongan dipake Rame-rame)
  • Unix bisa liat dan buka file Windows, tapi Windows kagak bisa kenalin file UNIX.
  • 90 % dari pemilik kompie dirumah menggunakan sistim operasi berbasis Windows, 2 % pake UNIX/ Linux.
Penasaran kepengen liat perintah UNIX kayak apa? coba aja ikutin langkah berikut....
Perintah netstat, bisa dijalankan dari Windows.... kegunaannya : ngasih tau lo, koneksi lo yang lagi aktif, apa aja.

caranya : Klik start menu, pilih "run", ketik "cmd", pencet enter, terus ketik "netstat" dan pencet enter.


Perintah netstat adalah sebuah perintah yang diwarisi dari sistim UNIX yang juga tersedia di Windows, bisa dipake buat detek virus ato trojan (bisa diliat kalau ada koneksi yang mencurigakan)

Siapa mo coba UNIX???

0 Comments:

Post a Comment

<< Home